Buku dan Internet Sebagai Jendela Informasi Masa Depan

Posted By Anonymous on Friday 25 November 2016 | 01:16:00


Perpustakaan adalah salah satu media atau sumber informasi yang memiliki fungsi utama yaitu menghimpun dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat atau pemakainya. Oleh sebab itu, perpustakaan dituntut agar tetap bisa menyiapkan bahan (data) yang terbaru, tepat, aktual dan terpercaya. Namun di jaman yang sudah semakin maju ini kita akan ketinggalan jika tidak mempunyai jaringan internet, karena di dalam internet semua orang bisa mengakses berbagai informasi seperti artikel, berita, buku, dan lain sebagainya. Menurut penulis membaca, buku dan internet sangat erat kaitannya. Membaca adalah kuncinya, buku adalah jendela dunia, sedangkan internet adalah jendela informasi dunia yang sedang tren saat ini.

Disini saya akan mengupas tuntas isi buku yang ada di Taman Bacaan Ar-Rahmah Rempoa, yaitu tentang “Media Pembelajaran Aktif”. Buku yang ditulis oleh Utomo Dananjaya ini sangat memberikan inspirasi kepada saya dan para guru lainnya, karena di dalamnya membahas tentang berbagai hal mengenai system pengajaran. Buku ini terdiri dari 3 bagian, masing-masing bagian mempunyai bab tersendiri. Namun saya hanya akan mengutarakan bagian terpentingnya saja. Dan dimulai dari membahas pengertian belajar aktif terlebih dahulu. Belajar aktif adalah proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya atau pengajaran yang memberikan peluang kepada peserta didik untuk aktif membangun sendiri konsep dan makna melalui berbagai kegiatan.

Makna pembelajaran bagi siswa: Peserta didik memproduksi sendiri secara lebih luas, lebih dalam, dan lebih maju degan modifikasi pemahaman terhadap konsep awal pengetahuan (prior knowledge).
Makna pembelajaran bagi pendidik: Pendidik secara moral memandang peserta didik setara (demoktatis dan berkeadilan) dan memperoleh kesempatan yang setara pula dalam memperoleh ganjaran, intelektual dan sosial secara adil (tidak diskriminatif).

Beberapa kegiatan dasar yang dipakai oleh peserta didik untuk belajar adalah Berbicara dan mendengar, menulis, dan membaca. Namun di dalam buku ini tidak hanya itu saja yang dibahas, akan tetapi proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswa, seperti model diskusi, model proyek, model permainan (games), dan ice breaker (aktivitas-aktivitas pemanasan).

Artikel terkait: Guru Ngaji Privat-Bimbingan Belajar dan Mengaji Tangerang

Apakah pengertian Diskusi?

Proses pembelajaran, dimana pelajar aktif berbicara atau menulis, secara interaktif mengkomunikasikan buah pikiran kepada pelajar lain; ia mengklarifikasi, mempertahankan, mengembangkan, dan menjelaskan pikirannya.

Apakah pengertian Proyek?

Model pembelajaran proyek adalah melaksanakan tugas melalui serangkaian aktivitas.

Apakah pengertian Games?

Permainan atau games adalah media pembelajaran melibatkan siswa dalam proses pengalaman dan sekaligus menghayati tantangan, mendapat inspirasi, terdorong untuk kreatif, dan berinteraksi dalam kegiatan dengan sesame siswa dalam melakukan permainan ini.

Ice breaker: berikut ini adalah contoh aktivitas-aktivitas pemanasan, seperti menebak tanggal lahir, sulap mata, symbol diri, modifikasi, dan lain-lain.

Artikel terkait: Guru ngaji privat datang ke rumah daerah Jabodetabek

Buku Media Pembelajaran Aktif ini wajib dibaca oleh para pengambil kebijakan, guru, calon guru, dan mereka yang mengembangkan kurikulum pendidikan profesi guru.


Demikian artikel yang dapat saya ulas di pagi hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Blog, Updated at: 01:16:00
Comments
0 Comments

0 komentar:

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP: 081311213879


Powered by Blogger.

"MUTIARA PRIVAT"

Menyediakan guru les privat untuk TK, SD, SMP, SMA, SMK, Perguruan Tinggi & Umum lengkap untuk semua mata pelajaran (tinggal pilih). Guru les privat datang ke rumah di seluruh wilayah JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG dan BEKASI. Untuk Informasi dan Pendaftaran silahkan Call/SMS: 081311213879 (Simpati)

Support